Thursday 10 September 2015

Banyak Bangunan: Akan Ada Jalur Alternatif Rel KA Babat-Jombang

lintasjatim.com, LAMONGAN -  Sebagaimana informasi sebelumnya bahwa PT KAI bakal menghidupkan kembali jalur kereta api jurusan Babat - Jomba... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, LAMONGAN - Sebagaimana informasi sebelumnya bahwa PT KAI bakal menghidupkan kembali jalur kereta api jurusan Babat - Jombang yang sudah puluhan tahun tidak digunakan.

Namun, penghidupan kembali jalur tersebut masih dikaji oleh Dinas PU Kab. Lamongan. Karena di sepanjang jalur kereta api jalur Babat - Jombang yang lama tidak digunakan, sudah banyak berdiri bangunan. Sehingga dimungkinkan akan terjadi kesulitan dalam proses pembebasan lahan.

Karena itu ada dua alternatif lain jalur Babat-Jombang dengan sedikit membelok, namun lebih minim resiko pembebasan lahan.

Kalau tetap kaku menggunakan jalur lama dan apa adanya tentu akan banyak berbenturan dengan masyarakat yang sudah membangun rumah hunian permanen, semi permanen serta tempat usaha.

Rencana mengaktifkan kembali KA jalur ini memang sangat efektif untuk dibuka kembali.

Hanya saja PT KAI sendiri belum memberi jadwal pasti, kapan jalur tersebut akan diaktifkan kembali. Pembicaran intens dengan berbagai pihak tengah dilakukan untuk mematangkan dibukanya kembali jalur itu.
Untuk selanjutnya, masih akan dilaksanakan beberapa kali rapat koordinasi untuk mematangkan rencana kegiatan. Saat ini sudah ada undangan rapat koordinasi selanjutnya yang ditempatkan di Kabuputen Jombang.

Pihaknya optimis kabupaten tetangga, yakni Jombang sama – sama mempunyai semangat seperti Lamongan untuk rencana pembukaan jalur KA itu.

Kedua kabupaten akan diuntungkan dan masyarakat yang biasa melintas dengan kendaraan umum di jalur itu akan merasa diuntungkan. (smb.sry/st)

No comments

Post a Comment