Monday 14 September 2015

50 Kemasan Kreatif Aneka Produk Dipamerkan di Petra

lintasjatim.com, SURABAYA - Sebanyak 50 kemasan kreatif aneka produk karya para mahasiswa dari beberapa negara, diantaranya dari Jepang, Kor... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, SURABAYA - Sebanyak 50 kemasan kreatif aneka produk karya para mahasiswa dari beberapa negara, diantaranya dari Jepang, Korea, Thailand, dan Indonesia dipamerkan di Universitas Kristen Petra, Senin (14/9/2015).

"Dari Indonesia ada sepuluh karya, satu diantaranya dari UK Petra. Sayangnya mahasiswa yang karyanya masuk 50 terbaik itu telah lulus kuliah. Jadi dia sudah tidak di sini," kata Cristine Yuwono, penanggung jawab pagelaran.

Salah satunya karya Sia Willia dari UK Petra yang membuat tempat bumbu-bumbu masak dari kardus berwarna coklat yang diberi nama sesuai jenisnya. Meski tampak sepele, pengemasan produk itu nyatanya menarik bagi juri ASPaC 2014 dan masuk dalam 50 besar.

Cristine mengatakan, tibanya produk kemasan itu di UK Petra setelah sebelumnya mampir di beberapa universitas di negara-negara lain. 'Ini road show. Setelah ini keliling-keliling lagi," katanya.

Menurut Cristine, dengan hadir di Surabaya, jumlah peserta dari Indonesia pada pagelaran serupa tahun depan diharapkan bisa bertambah sebab Indonesia masih menjadi peserta baru pada pagelaran itu.

Selain itu, hadirnya kemasan-kemasan itu diharap bisa memacu kreatifitas mahasiswa UK Petra. Tahun depan perguruan tinggi itu berencana mengikutkan kembali mahasiswanya di ajang tersebut.

"Tiap tahun tema yang diangkat berbeda-beda karena itu jenis produk yang akan kami siapkan belum bisa dipastikan," kata Vincentius Bobby Hartono, mahasiswa semester VII yang berencana ikut lomba tahun depan.

Ia mengatakan, dari pameran itu, ide-ide baru muncul. Misalnya, dengan melihat kemasan jagung oven karya mahasiswa Thailand, ia jadi mengerti bahwa bahan dari alam mulai digandrungi. "Di sana, produk jagung oven dikemas dengan bagus. Saya terinspirasi," katanya.

Karya mahasiswa UK Petra misalnya, adalah produk hasil olehan rempah-rempah. Produk dari negara-negara lain pun banyak mengandung unsur daerah masing-masing. (smb.sry/st)

No comments

Post a Comment