Thursday 29 October 2015

Hasil Kerja Keras, Embarkasi Surabaya Terbaik se-Indonesia

Ilustrasi lintasjatim.com, SURABAYA - Penyelenggaraan haji 2015 dari seluruh penjuru nusantara telah berakhir Senin (26/10) lalu. Embarkasi ... thumbnail 1 summary
Ilustrasi
lintasjatim.com, SURABAYA - Penyelenggaraan haji 2015 dari seluruh penjuru nusantara telah berakhir Senin (26/10) lalu. Embarkasi Surabaya sebagai salah satu embarkasi terbaik se-Indonesia secara umum mendapatkan indeks kepuasan sebesar 79 persen dari jamaah haji.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kakanwil) Jawa Timur, Mahfud Shodar mengatakan secara keseluruhan indeks kepuasan jamaah haji Embarkasi Surabaya sebesar 79 persen sudah tergolong ketegori memuaskan. “Sejak di Asrama Haji Sukolilo kita berupaya memberikan layanan terbaik agar para jamaah haji dapat beribadah dengan khusyuk,” katanya, Kamis (29/10) di Kemenag Jatim. 

Mahfud menjelaskan berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan petugas kepada Jamah Haji Embarkasi Surabaya, Indeks Kepuasan tertinggi dicapai pada jenis pelayanan penerimaan jamaah haji oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya sebesar 89 persen.

Dibanding pelayanan tahun lalu, ia mengungkapkan indeks kepuasaan tahun ini mengalami kenaikan sebesar 1 persen. Kenaikan terbesar terjadi pada pelayanan Penerimaan jamaah haji oleh PPIH Embarkasi Surabaya yakni 2 persen. 

Lebih lanjut, ia menambahkan berdasarkan layanan yang diterima jamaah haji, saat berada di Asrama Haji, layanan yang diberikan petugas dan layanan yang diberikan Kelompok Bimbingan, tertinggi terjadi pada pelayanan akomodasi sebesar 84 persen.

Kategori lainnya, dijelaskan Mahfud Indeks kepuasan jamaah haji Embarkasi Surabaya saat di Arab Saudi sebesar 80 persen. Indeks tertinggi dicapai pada jenis Pelayanan Transportasi, sebesar 86 persen dan terendah Pelayanan Catering sebesar 75 persen.

Indeks kepuasan jamaah haji Embarkasi Surabaya saat di Asrama Haji sebesar 80 persen, sementara Indeks kepuasan jamaah haji Embarkasi Surabaya terkait pelayanan Petugas Haji sebesar 83 persen. Tarakhir Indeks kepuasan jamaah haji Embarkasi Surabaya terhadap layanan Kelompok Bimbingan sebesar 73 persen.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) awal 2014 merilis embarkasi haji terbaik. Embarkasi Surabaya berhasil ditetapkan sebagai embarkasi terbaik se-Indonesia. Tahun ini, embarkasi surabaya menargetkan agar prestasi ini tetap dipertahankan.

Kabid PHU Kemenag Jatim, HM Sakur mengatakan, prestasi embarkasi Surabaya dari tahun ke tahun merupakan buah dari kerja keras semua pihak. Terutama upaya Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) dalam menyiapkan pelayanan sejak beberapa bulan yang lalu.

“Pelayanan terkait kesehatan, makanan, jadwal penerbangan, ruang istirahat, dan pengawalan khusus pada CJH lansia adalah beberapa konsentrasi yang terus diperbaiki. Meski menjadi yang terbaik, itu tidak membuat kita berdiam diri, namun terus meningkatkan layanan,” katanya.

Ia menambahkan, haji tahun ini embarkasi Surabaya melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas di beberapa sisi embarkasi. Calon Jamaah Haji (CJH) akan dimanjakan dengan suasana yang asri dan penuh ketenangan. Sebagai tempat transit sebelum berangkat ke tanah suci, CJH membutuhkan tempat yang kondusif. [luk/stj]


No comments

Post a Comment