Wednesday 9 September 2015

Sapi Kusnan Sering Dipinjam Untuk Acara Kontestan

lintasjatim.com, BOJONEGORO - Sudah 25 tahun ini Kusnan (52) warga Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro menggeluti usaha p... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, BOJONEGORO - Sudah 25 tahun ini Kusnan (52) warga Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro menggeluti usaha penggemukan sapi.

Meski menggeluti usaha penggemukan sapi secara otodidak, kini Kusnan mampu menggapai cita-citanya sebagai pengusaha besar ternak sapi.

Sebelum sukses seperti saat ini, Kusnan adalah buruh ingon (pelihara) kambing dan sapi milik tetangganya. Ketekunannya membuatnya berhasil seperti sekarang ini.

Ketekunan yang selama ini dilakukan adalah disiplin memberi makan kepada sapi-sapinya sebanyak tiga kali dalam sehari dan dua kali minum.

Agar sapi-sapi itu cepat gemuk, setiap malam, Kusnan selalu memberinya makan. Bahan makanan yang disajikan kepada ternaknya setiap hari berupa 50 kilogram ampas tahu, dedak, dan jerami kering. Khusus minuman, Kusnan menambahkan tetes tebu sebagai penambah khasiat.

Bukan hanya berhasil menjadi langganan Presiden dan Gubernur, ternyata sapi-sapi milik Kusnan juga menjadi langganan juara kontes sapi yang digelar di berbagai daerah.


Hal itu membuat para peternak lain seringkali meminjam sapi milik Kusnan untuk diikutkan lomba.

“Sapi limosin yang rencananya dibeli Gubernur, tadi malam (Selasa, 8/9) dipinjam orang Kediri untuk lomba,” katanya.

Dari lomba itu, antara Kusnan dengan peminjam sapinya bersepakat, jika menang, uang hadiah diberikan kepadanya, sedangkan peminjam hanya mendapat nama saja.

Lokasi lomba yang pernah diikuti, di antaranya di Banyuwangi, Kediri, Bojonegoro, Lamongan.

“Juni (2015) lalu, sapi ini (simental berat 1,3 ton) menang. Total hadiah yang saya dapatkan RP 50 juta,” katanya sembari menunjukkan plat juara lomba.

Lomba di Lamongan dalam acara ekspo Agribisnis Peternakan Provinsi Jawa Timur 2015, sapi milik Kusnan meraih Juara I kategori Sapi Kereman Ekstrim Kontes Ternak, Juara I Sapi Kreman Persilangan Hasil IB, Juara III Sapi Bakalan Induk Hasil IB, dan Juara III Sapi Induk Hasil IB. (smb.sry/st)

No comments

Post a Comment