Thursday 3 September 2015

Ratusan Karyawan Pabrik Kertas Tuntut Gaji 3 Tahun yang Belum Dibayar

lintasjatim.com, Probolinggo - Ratusan karyawan dan eks karyawan PT Kertas Leces (KL) mendatangi perusahaan milik negara di Jalan Raya Lece... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, Probolinggo - Ratusan karyawan dan eks karyawan PT Kertas Leces (KL) mendatangi perusahaan milik negara di Jalan Raya Leces, Kabupaten Probolinggo.

Mereka menuntut segera dibayar gaji 3 tahun yang tak kunjung dibayar. Bahkan uang untuk tunjangan, uang pendidikan serta pengobatan dan uang pesangon untuk karyawan pensiun tak ada kabarnya.

Massa membawa poster bertuliskan sindiran para petinggi PT KL. Dalam aksinya, mereka membawa isterinya. Hal ini menunjukkan jika selama ini keluarga karyawan hidup serba kekurangan, karena gaji dari PT KL di bawah UMK.

Salah satu isteri karyawan, Husna, mengaku selama 20 tahun suaminya kerja di PT KL. Bukan kelancaran ekonomi yang didapat tapi barang-barang di rumahnya banyak yang terjual untuk kebutuhan ekonomi.

"Kami digaji tidak wajar mas, selama suami saya kerja di PT KL ini belum saya temui yang namanya kesejahteraan. Utang semakin banyak," kata Husna, kepada wartawan di lokasi, Kamis (3/9/2015).

Hal senada dikatakan Asmawi, koordinator aksi. Perusahaan mempunyai tanggungan terhadap karyawan sebanyak Rp 56 miliar.

"Dana sebanyak itu adalah hak kami yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan. Kemana uang itu, kami menuntut hak kami," tegas Asmawi.

Selama aksi berlangsung, Polres Probolinggo mengerahkan 350 petugas gabungan, dari Polres Probolinggo dan Brimob Polda Jatim. Setelah puas melakukan aksi, ratusan pendemo menuju kantor Dinas Ketenagakerjaan, Kabupaten Probolinggo. (bdh/bdh)

Editor : Sutha

No comments

Post a Comment