Tuesday 15 September 2015

Tingkatkan Kemampuan Aparat Desa, Bupati Gresik Buat Bimtek

lintasjatim.com, GRESIK -  Dalam rangka meningkatkan kompetensi kader masyarakat dan aparat di tingkat Desa, Pemerintah Kabupaten Gresik mel... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, GRESIK - Dalam rangka meningkatkan kompetensi kader masyarakat dan aparat di tingkat Desa, Pemerintah Kabupaten Gresik melaksanakan bimbingan teknik (Bimtek) untuk para ketua RT, RW, lembaga desa serta aparat tingkat desa.

Bimtek diikuti 1.060 orang tersebut dilaksanakan di Desa Sukerejo, Kecamatan Sidayu, Selasa (15/9/2015).

Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari Halim Radianto- Mohammad Qosim membuka acara sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Gresik.

Hadir pula sejumlah para kiai dan tokoh masyarakat setempat.

Sambari meminta semua aparat di desa sampai tingkat RT dan RW bisa berperan serta dalam mengawal pelaksanaan pembangunan.

“Yang diundang di sini ini adalah para kader yang ada di masyarakat. Tentu saja sebagai kader kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan para kader sebagai agen pembangunan yang ada di desa,” kata Sambari.

Untuk bisa menjadi pengawal pembangunan yang baik, diharapkan para kader tahu proses pembangunan, mulai dari perencanaan pembangunan sampai pada penyusunan administrasi dengan baik dan benar.

“Sebagai perencana anda harus bisa memfasilitasi pengkajian potensi masalah dan menentukan skala prioritas kegiatan, pencairan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menambahkan agar para kader bisa menjadi pelopor, penggerak, pembimbing, perencana, pemantau dan pelaksana pembangunan.

"Maju mundurnya desa di wilayah Anda tergantung dari partisipasi dan kualitas kader pembangunan di desa,” kata Qosim. (smb.sry/st)

No comments

Post a Comment