Tuesday 8 September 2015

Antisipasi Rusuh Pilkada, Watimpres Kunjungi Jawa Timur

lintasjatim.com, Surabaya - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Kemanan dan Pertahanan Subagyo Hadi Siswoyo turun ke Jat... thumbnail 1 summary
lintasjatim.com, Surabaya - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Kemanan dan Pertahanan Subagyo Hadi Siswoyo turun ke Jatim, Selasa (8/9/2015).

dia ingin menggali informasi terkait potensi rusuh penyelenggaraan Pilkada serentak di Jatim, 9 Desember 2015.

Kedatangan Subagyo HS yang juga mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada masa tiga Presiden (Soeharto, BJ Habibie, dan Abdurrahman Wahid) ini diterima oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, di ruang kerja Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya.

Usai pertemuan selama sekitar satu jam, kepada wartawan, Subagyo HS mengatakan, kedatangannya berkunjung ke Jatim memang menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait keamanan dari berbagai narasumber.

"Sekarang saya bertemu Pak Wagub Jatim (Saifullah Yusuf). Sebelumnya saya juga sudah menemui berbagai narasumber di wilajah lain," ujarnya.

Menurut Subagyo, sebagai Wantimpres, dirinya harus memberikan saran secara berkala kepada Presiden Jokowi untuk keamanan penyelenggaraan negara.

"Makanya informasi dari Jatim ini sangat penting. Apalagi disini ada 19 daerah yang menggelar Pilkada serentak," tegasnya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menjelaskan, saat bertemu Anggota Wantimpres Subagyo HS dirinya menyampaikan beberapa informasi, mulai penyelenggaraan Pilkada, masalah tenaga kerja asing, hingga keberadaan imigran.

"Semua saya laporkan," katanya.

Khusus Pilkada, saat ini kondisinya aman dan tidak ada potensi yang membahayakan keamanan dan ketertiban.

Koordinasi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan juga selalu intens dilakukan.

"Dari 19 kabupaten/kota, hanya satu daerah saja yang Pilkadanya ditunda, yakni Kabupaten Blitar. Sementara dua daerah, Tuban dan Mojokerto yang pernah rusuh (saat Pilkada sebelumnya), sekarang kondisinya aman dan terkendali," tegas Gus Ipul.

No comments

Post a Comment