Saturday 29 August 2015

Polres Trenggalek Gelar Pasukan Persiapan Pengamanan Pilkada

Trenggalek (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, melakukan apel atau gelar pasukan untuk kesiagaan pengamanan Pilkada 20... thumbnail 1 summary
Trenggalek (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, melakukan apel atau gelar pasukan untuk kesiagaan pengamanan Pilkada 2015 di halaman mapolres setempat, Senin.

Gelar pasukan yang melibatkan ratusan personel TNI, dishub, satpol PP, linmas serta jajaran instansi terkait itu dipimpin oleh Kapolres Trenggalek AKBP I Made Agus Permana.

"Apel siaga ini untuk mengetahui kesiapan akhir dalam melakukan pengamanan pilkada yang akan digelar serentak 9 Desember 2015," kata Kapolres Made dalam pidato sambutannya.

Di hadapan ratusan pasukan gabungan tersebut, Made sempat berbicara terkait pendidikan politik bagi masyarakat Trenggalek.

Ia katakan, bahwa dalam kehidupan demokrasi, setiap warga negara berhak mendapat ruang untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat, termasuk dalam kehidupan politik.

Pilkada merupakan sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem pemerintahan daerah yang berlegitimasi dan berkedaulatan rakyat. 

"Karena itu tugas kita semua untuk memastikan pesta demokrasi ini berjalan lancar. karena kepala pemerintahan yang lahir dari hasil pilkada merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat," ujarnya.

Kegiatan gelar pasukan ini diikuti beberapa unsur terkait di antaranya TNI, satpol PP, dinas perhubungan dan linmas. 

"Berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapannya termasuk tindak pidana yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh aparat penegak hukum secara profesional, transparan dan akuntabel, sehingga setiap pelanggaran yang terjadi dapat diselesaikan dengan tuntas," ujarnya.

Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan pilkada berupa gangguan kamtibmas dan beragam ancaman yang mungkin terjadi, Kapolres Trenggalek mengimbau agar semua pihak meningkatkan kerjasama dan sinergitas positif.

"Pola pengamanan yang diterapkan benar-benar bisa memberikan rasa aman baik kepada para penyelenggara dan peserta pilkada, serta menjamin terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif sampai akhir proses pesta demokrasi tersebut," tegasnya. (*)

Editor: Masuki M. Astro

No comments

Post a Comment